Surga yang tersembunyi dari Utara Lombok

Pulau Lombok menyimpan banyak keindahan alam yang ada didalamnya.
buy doxycycline online https://gaetzpharmacy.com/doxycycline.html no prescription

Keindahan alam itu mulai dari ujung pantai hingga ke ujung puncak Gunung Rinjani. Lombok Utara tepatnya di Kawasan Desa Adat Beleq, Gumantar terkenal dengan masyarakatnya yang terus menjaga warisan adat budaya salah satunya adalah masih ada Desa Adat yang masih mempertahankan budaya leluhur hingga sampai saat ini. Jika anda kesana bukan hanya wisata budaya yang disajikan, namun ada juga wisata alam yang tersembunyi dibalik tebalnya hutan adat yang masih menjaga tradisi.

Warna air terjun berubah seiring perbedaan cuaca Credit Photo : Evan Martono

Terletak sekitar 3 km dari Desa Adat Air Terjun Tiu Ngumbak menyimpan banyak keindahan dan potensi alam didalamnya. Perjalanan menuju tiu ngumbak termasuk tidak mudah, karena anda harus bersama warga lokal untuk menuju kesana jika tidak ingin tersesat menuju Hutan Adat atau perkebunan warga.
buy nolvadex online www.mydentalplace.com/wp-content/themes/SimplePress/includes/widgets/php/nolvadex.html no prescription

Jika ingin kesana akses yang bisa hanyalah sepeda motor saja, dan jika masuk kemusim penghujan jalanan akan lebih ekstrem 2x lipatnya dan amat susah dilalui.

Perjalanan menggunakan kendaraan bermotor hanya bisa dilakukan hingga 2.5 Km awal saja. Selanjutnya anda akan berjalan kaki sekurang-kurangnya 500 meter untuk menuju ke bawah air terjun, hutan yang tebal serta track yang sulit akan benar benar menyulitkan anda disini, itulah fungsi warga lokal sebagai guide dan juga tentang sejarah yang terkandung didalamnya.

Credit Photo : Evan Martono

Air terjun Tiu Ngumbak mempunyai dua buah tingkatan dengan masing-masing kolamnya ditiap jatuhnya air. Anda harus berhati-hati disini karena kedalaman kolam bervariasi antara 3 hingga 6 meter.
buy premarin online www.mydentalplace.com/wp-content/themes/SimplePress/includes/widgets/php/premarin.html no prescription

Disana ekosistem masih terjaga sekali, karena jarang dijamah oleh manusia, air air terjun yang berasal dari sumber mata air bisa anda minum langsung. Jika anda beruntung anda bisa mendapatkan hewan sidat dengan cara menjebaknya untuk dimakan setelah bermain air di Air Terjun Tiu Ngumbak. Berbagai pesona alam serta ekosistemnya yang masih terus dijaga oleh warga lokal wajib dilakukan oleh semua pengunjung agar dapat terus terjaga hingga anak cucu kita nanti.