Terapkan Tips Ini Untuk Maksimalkan Akun LinkedIn Kamu!

Source: Canva

Mengutip dari situs resmi, LinkedIn merupakan situs jejaring sosial yang digunakan untuk kepentingan bisnis dan karier professional. Sebagian besar pengguna LinkedIn, terutama mahasiswa, biasanya menjadikanLinkedIn media untuk menyusun profil sebagai kandidat rekrutmen ataupun dalam mencari pekerjaan. Tidak hanya itu, LinkedIn juga bermanfaat untuk menunjukkan keahlian dan kredibilitas penggunanya, mencari tahu seluk beluk perusahaan ataupun tempat kerja impian, serta menjadi suatu komunitas untuk bertemu dengan orang yang memiliki karier, minat profesi, dan bekerja dalam industri yang sama.

Apabila ingin menyusun personal branding yang terstruktur, tentunya LinkedIn merupakan jejaring sosial yang wajib kamu miliki. Berikut tips penting yang perlu kamu perhatikan untuk memaksimalkan akun LinkedIn.

1.Gunakan foto profil yang tepat

Foto profil merupakan hal yang pertama kali akan dilihat oleh orang lain, terutama recruiter, untuk menciptakan kesan di awal. Oleh karena itu, pastikan bahwa foto profil kamu merupakan foto terbaru dengan memakai pakaian formal yang biasa digunakan untuk bekerja. Pastikan juga bahwa wajahmu terlihat dengan jelas, cukup tersenyum saja, tidak perlu berpose.

2. Tambahkan foto latar belakang

Foto latar belakang merupakan aspek visual kedua dalam menyusun profil LinkedIn. Pilihlah gambar yang mencerminkan pribadi professional kamu, hal ini akan membantu membuat halaman profil mu terlihat menonjol, menarik perhatian, dan membuat kesan bagi recruiter.

3. Atur headline yang menarik

Gunakan fitur headline untuk mendeskripsikan  peran dan jabatanmu, apa yang kamu lakukan pada bidangmu saat ini, dan hal apa yang membuatmu antusias.

 4. Gunakan professional summary

Fitur ini adalah kesempatan bagi kamu untuk mendeskripsikan diri baik secara akademis, maupun non-akademis. Gunakan fitur ini untuk bercerita mengenai jabatan dan aktivitas yang telah kamu cantumkan melalui headline. Cobalah ceritakan kontribusi apa yang telah kamu lakukan pada bidangmu,-hal yang berkaitan dengan ketertarikanmu, serta skill dan pengetahuan apa yang kamu miliki.

 5. Cantumkan experience kamu

Pada bagian ini, cantumkanlah pengalamanmu yang relevan, mulai dari pengalaman  organisasi, magang, part-time, dsb. Kamu juga dapat menyertakan media berupa foto dan video, serta deskripsi singkat mengenai kegiatan tersebut.

 6. Sertakanlah riwayat akademik

Pada bagian education, sertakanlah riwayat pendidikan. Umumnya, pada profil LinkedIn menyertakan pendidikan dimulai dari jenjang SMA dan juga kuliah. Namun, kamu juga bisa menyertakan aktivitas beasiswa, student exchange, ataupun courses.

 7. List relevant skills yang dapat kamu tawarkan

Skill biasanya diisi dengan keahlian yang kamu dapatkan dari kegiatan atau pelatihan yang kamu ikuti, baik yang berasal dari akademik maupun yang berasal dari organisasi internal dan eksternal kampus. Pastikan bahwa skill yang kamu miliki relevan dengan pekerjaan yang kamu incar, untuk deskripsi juga dapat kamu susun secara inti saja agar recruiter dapat langsung menangkap inti dari skill yang kamu miliki.

8. Tambahkan sertifikasi dan kejuaraan

Apabila kamu pernah mendapatkan penghargaan, sertifikasi, nominasi, predikat, maupun memenangkan kompetisi, kamu dapat mencantumkannya melalui honors & awards pada profil LinkedIn. Hal ini akan menjadi poin tambah dan membuat profilmu makin menarik.

9. Sertakan course yang pernah kamu ikuti

Pada bagian course, kamu dapat mengisinya dengan kelas-kelas yang pernah kamu ambil. Umumnya kelas bersertifikasi internasional dari universitas ternama. Dapat juga kamu tambahkan online course di coursera, udemy, dan sebagainya.

10. Bagikan proyek yang pernah kamu tangani

Biasanya pada bagian ini bisa diisi dengan kegiatan saat magang atau proyek-proyek lainnya yang pernah kamu tangani. Kamu dapat menyertakan deskripsi singkat mengenai proyek tersebut dan menambahkan rekan-rekanmu sebagai kontributor.

Sekian tips yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan profil LinkedIn. Yuk, mulai membangun personal branding dari sekarang!

Referensi:

Deechan, J. (2020). 20 Steps to A Better LinkedIn Profile in 2022. [online] www.linkedin.com. Available at: https://www.linkedin.com/business/sales/blog/profile-best-practices/17-steps-to-a-better-linkedin-profile-in-2017 [Accessed 27 Jul. 2022].

Penulis: Laurencia Vinsca