Tips Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Screening!

Hallo yoters!

Taukah kalian ternyata di banyak perusahaan besar, yang pertama kali melihat dan menentukan kamu lolos pada tahap screening bukanlah HRD yang bertugas, melainkan mesin ATS. Maka, penting bagi kamu untuk membuat CV yang ATS friendly agar CV kamu lolos ATS dan kamu dapat masuk ke tahap berikutnya. Ini dia tips membuat CV ATS….

  1. Hindari desain CV ATS yang mencolok

Desain CV yang cantik memang memanjakan mata, namun sayangnya sistem ATS hanya menyukai desain CV yang polos dan rapi. Semakin CV kamu terlihat membosankan dan kaku, mesin ATS akan semakin mudah membaca CV kamu.

  1. Pertahankan layout CV ATS sesederhana mungkin

Agar CV lolos standard ATS, usahakan layout CV yang kamu gunakan rapi dan sistematis dengan desain seminimal mungkin.

  1. Hanya melamar satu posisi untuk satu perusahaan

Sistem ATS bertugas mencatat dan merangkum semua data yang kamu berikan. Meskipun CV kamu lolos standard ATS, petugas HRD pada akhirnya akan dapat melihat rangkuman yang diberikan sistem bahwa kamu mendaftar di berbagai posisi pekerjaan. Hal ini akan membuat rekruter merasa bahwa kamu kurang minat dan tidak fokus pada satu posisi pekerjaan.

  1. Gunakan kata kunci pada CV ATS

Sistem ATS akan menyaring kumpulan pelamar dengan cara mencari kata kunci tertentu. Sehingga, menggunakan kata kunci yang relevan pada CV ATS kamu akan menarik perhatian sistem dan kamu akan memperoleh skor yang lebih tinggi.

  1. Gunakan simbol poin atau angka pada CV ATS

Tampilan yang sederhana, rapi, dan sistematis adalah tampilan yang terbaik untuk CV ramah ATS. Dengan menggunakan simbol poin (bullet points) dan angka (numberings), CV ATS kamu akan lebih mudah dibaca oleh sistem dibandingkan menjabarkan dengan paragraf.

  1. Simpan CV ATS kamu dengan tipe file yang tepat

Hindari tipe file seperti JPG, JPEG, atau PNG karena sistem tidak dapat membaca data berbentuk foto. Simpan, dan kirimkan CV ATS kamu dengan tipe file Microsoft Word atau PDF agar sistem dapat dengan jelas membaca isi dari CV ATS lamaran kerja kamu.

  1. Pakai format CV ATS yang benar

Sama seperti manusia, sistem juga membaca data dari kiri ke kanan lalu atas ke bawah. Maka dari itu, usahakan tata letak penulisan profil pribadi kamu dimulai dari kiri atas dan diikuti oleh bagian lain (deskripsi diri, pengalaman kerja, riwayat pendidikan) kebawah. Hindari hiasan hiasan yang berlebihan dan ingat untuk tetap menjaga kerapian serta kesederhanaan tampilan CV ATS.

Semoga tipsnya bermanfaat buat para yoters, thank you….

by: Ayu Sintiawati