Upacara Ngaben, Pembakaran Jenazah yang Menjadi Budaya Unik dari Bali

Hallo yoters, tahukah kalian salah satu keunikan Bali di mata dunia ada pada upacara Ngaben. Ngaben atau Pelebon (bagi yang berkasta) adalah upacara kremasi yang ada di pulau Bali dan merupakan salah satu upacara penting dalam tradisi budaya Hindu Bali. Yang membuat upacara Ngaben terlihat unik di Bali karena untuk sarana mengangkut mayat dari rumah menuju tempat kremasi, menggunakan ”Wadah” dalam bahasa Bali artinya tempat.

Wadah secara umum ada dua bentuk, satu di bentuk menyerupai pura kecil dengan ukiran dan hiasan yang terlihat sangat indah. Yang lagi satu di bentuk menyerupai binatang biasanya berbentuk lembu.

Untuk wadah yang berbentuk pura, akan di gunakan untuk mengangkat mayat dari rumah menuju tempat kremasi. Setelah tiba di tempat kremasi mayat akan di turunkan kemudian di pindahkan ke wadah yang berbentuk Lembu. Wadah memiliki ukuran sangat besar, dan untuk mengangkat akan memerlukan banyak tenaga manusia.

Setelah prosesi ritual upacara selesai, api besar mulai menyala. Bagi penduduk Bali yang beragama Hindu, proses kremasi sangat penting dan di yakini untuk memudahkan arwah yang meninggal mencapai lokasi sesuai dengan hasil perbuatan yang di lakukan pada saat hidup.

Penulis: Ayu Sintiawati