Yuk, Mulai Belajar dan Peduli Lingkungan Lewat Film!

Belajar dan Peduli Lingkungan Lewat Film

Permasalahan mengenai lingkungan hidup saat ini tengah menjadi concern issue di Indonesia. Melihat perlunya edukasi kepada masyarakat mengenai isu lingkungan hidup ini, LiveLife menyelenggarakan Indonesian Eco Film Festival (IDEFF), festival film mengenai lingkungan hidup (environment) pada tanggal 11-20 Oktober 2019 di Jakarta.

Nantinya, IDEFF akan menayangkan 13 film terpilih yang mengangkat 4 tema yang diusung dalam festival ini, yaitu dampak masalah lingkungan seperti tenggelamnya Jakarta, masalah sustainability oleh konsumsi berlebihan dan pemborosan sumber daya alam, pengelolaan sampah termasuk plastik dan pembuangan sampah sembarangan serta alam dan flora fauna termasuk konservasi dan keanekaragaman hayati.

Dalam press conference yang diselenggarakan di GoWork Setiabudi, pada hari Rabu (25/9) kemarin, Michael Arief Gunawan, selaku Festival Director Indonesian Eco Film Festival menyampaikan dipilihnya film sebagai medium untuk menyampaikan isu mengenai permasalahan lingkungan hidup, “film adalah media interaktif yang dapat membuka wawasan kita mengenai banyak hal, semoga festival ini dapat dilanjutkan setiap tahun dan juga membawa wawasan beserta interaksi dan inspirasi untuk kita semua.”

Belajar dan Peduli Lingkungan Lewat Film

Press Conference Indonesian Eco Film Festival

Usai screening film nantinya akan diisi dengan pembahasan mengenai topik film yang menghadirkan bintang tamu dan pengunjung akan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan narasumber yang dihadirkan. Karena tujuan diselenggarakannya festival ini adalah sebagai tempat untuk bertukar ide dan belajar.

Selain dihadiri oleh Michael, press conference juga dihadiri oleh Charlie Coulson, Brand Activation Lead for GoWork dan Rosel Lavina, VP Corporate Affairs for Food & Merchant Go-Jek. Charlie menyampaikan harapan dari kerjasama dengan LoveLife yakni agar semua generasi, khususnya millennials aware dengan isu lingkungan hidup yang dapat dibangun dari lingkungan kerja mereka. Begitu pun dengan Rosel yang mengharapkan lewat kerjasama ini, masyarakat lebih peduli dengan gaya hidup sehat yang lebih ramah lingkungan.

Belajar dan Peduli Lingkungan Lewat Film

–kiri ke kanan– Charlie Coulson, Brand Activation Lead for GoWork, Rosel Lavina, VP Corporate Affairs for Food & Merchant Go-Jek dan Josko Emrich, Deputy Head of Mission for Embassy of Austria

 

Nah, ini dia daftar film dan jadwal pemutarannya:

Jumat, 11 Oktober, 19.00-21.00 WIB: OPENING – Story of Stuff + Wasted

Sabtu, 12 Oktober, 13.00-15.00 WIB: Colony

Sabtu, 12 Oktober, 15.00-17.00 WIB: Menata Air Pipa Jakarta +  Cerdik Kelola Plastik

Minggu, 13 Oktober, 13.00-15.00 WIB: Tale of a Forest

Minggu, 13 Oktober, 15.00-17.00 WIB: Freightened: Real Price of Shipping

Senin, 14 Oktober, 19.00-21.00 WIB: Happening: A Clean Energy Revolution

Selasa, 15 Oktober, 19.00-21.00 WIB: The True Cost

Rabu, 16 Oktober, 19.00-21.00 WIB: Pulau Plastik

Kamis, 17 Oktober, 19.00-21.00 WIB: The Day & The Year

Jumat, 18 Oktober, 19.00-21.00 WIB: Disobedience

Sabtu, 19 Oktober, 13.00-15.00 WIB: No Impact Man

Minggu, 20 Oktober, 13.00-15.00 WIB: Cowspiracy

Minggu, 20 Oktober, 19.00-21.00 WIB: The Human Scale

 

Screening film akan dilakukan di berbagai tempat yaitu di GoWork Coworking Space, GoFood Festival GBK, dan IFI (Pusat Kebudayaan Prancis), sehingga dimanapun penonton berada dapat secara mudah mengakses lokasi penayangan.

Lewat festival ini, Michael juga menyampaikan harapannya agar masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta dan sekitarnya paham dan peduli tentang isu lingkungan hidup, “sehingga ini tidak hanya menjadi pengetahuan, tetapi juga memberikan inspirasi bagi mereka dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi masalah ini bersama.”

LiveLife adalah platform untuk membantu menyelenggarakan acara menarik dengan menemukan tempat dan komunitas yang sesuai. Livelife bekerjasama dengan berbagai pihak, baik film maker, organisasi lingkungan hidup, kedutaan besar dan pusat kebudayaan beserta perusahaan.

Nah, buat kamu yang mau lihat detail acara dan tertarik untuk menonton film-nya, kamu bisa klik link ini ya: bit.ly/IDEFF

Oh ya, screening film tidak dipungut biaya lho! Jangan lupa ajak teman-teman, pacar atau keluarga kamu, supaya semakin banyak yang aware dengan isu lingkungan hidup ini. Gak cuma nonton, kamu juga bisa berdonasi untuk mendukung festival ini!