Trivia: Negara dengan Work-Life Balance yang Baik

Work-life balance bisa dimengerti sebagai keseimbangan antara kehidupan pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari. Seseorang yang mampu mencapai work-life balance dapat bertanggung jawab pada pekerjaan tanpa mengorbankan kehidupan personal.

Berikut ada tiga negara dengan work-life balance yang baik. Semoga bisa menjadi inspirasi ya!

 

  1. Denmark

Menurut OECD Better Life report, orang Denmark memiliki work-life balance terbaik dibanding negara lain yang termasuk dalam survei. Hanya 2% dari pekerja Denmark yang bekerja untuk durasi yang sangat lama. Angka 2% ini cenderung rendah dibanding rata-rata negara OECD lain di angka 13%.

Bagi orang Denmark, mereka memiliki fleksibilitas di tempat kerja yang tinggi. Keunggulan lain bekerja di Denmark adalah jumlah minimal paid holiday atau cuti berbayar selama lima minggu.

 

  1. Belanda

Dilansir World Economic Forum, Belanda unggul dibanding Denmark dalam hal work-life balance pada tahun 2018 berdasarkan survei OECD Better Life Index. Survei ini mengukur tingkat kesuksesan rumah tangga mengelola kehidupan pekerjaan, komitmen terhadap keluarga, dan kehidupan personal.

Menariknya, hanya 0,5% pekerja di Belanda bekerja dalam jangka yang terlampau lama. Persentase ini menjadi paling rendah di antara negara anggota OECD lainnya.

 

  1. Belgia

Mengutip Forbes, Belgia bergabung menjadi negara yang menerapkan “empat hari kerja”. Waktu bekerja yang semakin singkat ini juga diikuti dengan peningkatan efektivitas.

Produktivitas kerja tidak hanya ditentukan oleh durasi, melainkan perbandingan antara durasi dengan seberapa banyak hasil. Ini artinya dengan empat hari kerja, diharap pekerja di Belgia bisa memaksimalkan waktu kerja tersebut dan tidak membuang waktu di tempat kerja.

Hal yang menarik dari Belgia tentang work-life balance adalah kebijakan pemerintah yang mengizinkan pegawai sipil untuk disconnect. Kebijakan ini memberi kesempatan kepada mereka untuk mematikan email kantor, SMS, dan panggilan telepon di luar jam kerja.

 

Semoga wawasan tentang negara dengan work-life balance ini bisa menginspirasi kita untuk lebih peduli dan menghargai diri sendiri. Bekerja keras adalah hal yang baik, namun jangan sampai mengorbankan waktu untuk merawat diri.

 

Rekomendasi untuk Kamu:

 

Buat kamu yang ingin mengembangkan leadership skill dan networking, Phoenix United hadir untukmu!

Phoenix United adalah Indonesian Leaders Society dimana kamu bisa mengikuti fun trips, dinner with CEOs, sampai networking party bersama dengan komunitas yang nggak hanya seru namun juga impactful.

Yuk join komunitasnya sekarang dengan klik di sini: Phoenix United Indonesia 

 

Ingin dapat lebih banyak konten tentang inspirasi, bisnis, tips karir, self-development, dan lainnya? Yuk nonton di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini.