Apa Bener Sebelum Umur 25 Harus Mencapai Ini?

Setiap masuk tahun baru, seseorang pasti merasa terlahir kembali. Mungkin ini salah satu cara agar tetap waras di umur yang semakin tua ini namun tuntutan semakin banyak. Entah itu tuntutan dari keluarga, teman, pasangan atau bahkan lingkungan. Ditambah lagi exposure media tentang betapa kayanya orang-orang menambah datar resolusi kita tiap tahun.

Lalu, muncul tuntutan harus punya rumah sebelum umur 30 tahun dengan hasil jerih payah sendiri. Ditambah rumahnya seharaga 1M dengan perabotan minimalis berwarna serupa. Jangan lupakan mobil yang diidamkan selam ini harus sudah terbeli sebelum umur 30 tahun. Sebenarnya untuk apa sih tuntutan ini dan siapa yang memulai?

Bagi sebagian orang pencapaian yang terkesan maksa ini tidak begitu realistis. Padahal, menggapai financial independence atau mampu menghidupi dirinya sendiri dan tak lagi bergantung pada orang tua adalah salah satu pencapaian yang realistis.  Kita bekerja untuk diri sendiri, sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab.

Lalu coba kita bangun basis knowledge yang solid seperti buku-buku yang dibeli atau e-book yang terdapat di laptop ataupun e-reader. Buatlah perpustakaan mini di setiap rumah kita yang masih ngontrak itu. Bangun mulai dari sekarang karena knowledge akan membuka jalan menuju masa depan.

Passive income juga penting untuk diperhatikan. Robert Kiyosaki pernah bilang, “Pekerjaan adalah solusi jangka pendek untuk masalah jangka panjang kita(keuangan).” jangan hanya mengandalkan gaji bulanan, namun bangun lah sumber income yang lain.

Hal lain yang bisa dilakukan sebelum 30 tahun adalah traveling dan mencoba hal baru. Jalan-jalan lah dan lihat dunia agar kita bisa mendapat perspektif baru terhadap hidup. Sesegera mungkin dapatkan passion kita sebelum memiliki keluarga. Perluaslah jaringan dan jangan diam di zona nyaman.

Jadi, sudah siap memasuki umur 25 tahun?

Baca artikel lainnya di sini:

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini!