Hari Musik Dunia: Album Musik Terlaris Sepanjang Masa

World Music Day diperingati setiap tanggal 21 Juni. Hari Musik Sedunia diperingati sebagai wujud menghargai para musisi di seluruh dunia.

Berdasarkan sejarahnya, perayaan Hari Musik Sedunia berawal dari perayaan yang dilakukan masyarakat Prancis bertepatan dengan perayaan Summer Solstice (titik balik matahari musim panas).

Yuk simak apa saja 4 album terlaris sepanjang masa versi YOT Semarang. Kira-kira, album musik apa lagi yang pantas masuk ke jajaran kategori ini?

  1. THEIR GREATEST HITS
    – Eagles
    Pada tahun 1976, Eagles merilis album kompilasi berjudul Their Greatest Hits (1971 – 1975). Rekaman ini menampilkan beberapa lagu paling populer dari empat album pertama Eagles.
    Dilansir ask.com, pada tahun 2016 album Eagles mencapai 36 kali platinum, yang berarti 38 juta kopi Album Terbesar Mereka terjual di seluruh dunia
  2. THRILLER
    – Michael Jackson
    Thriller adalah album studio keenam oleh penyanyi dan penulis lagu Amerika Michael Jackson, dirilis pada tahun 1982. Dengan reaksi yang tidak baik terhadap musik disko pada saat itu. MJ bergerak ke arah musik baru, menghasilkan campuran pop, post-disko, rock, funk, dan R&B.
    Dengan penjualan 70 juta kopi di seluruh dunia. Ini adalah album terlaris kedua di Amerika Serikat dan disertifikasi 34 kali platinum oleh Recording Industry Association of Amerika (RIAA) pada tahun 2021.
  3. HOTEL CALIFORNIA
    – Eagles
    Hotel California adalah album studio kelima oleh band rock Amerika Eagles. Dirilis pada 1976, sampul album ini merupakan foto Beverly Hills Hotel yang diambil oleh David Alexander.
    Dengan prestasi sebagai album yang telah disertifikasi 26 kali platinum di AS, dan telah terjual lebih dari 32 juta kopi di seluruh dunia, pada tahun 2003 dan 2012, album ini menduduki peringkat ke-37 dalam daftar “The 500 Greatest Albums of All Time” milik Rolling Stones.
  4. WHITE ALBUM
    – The Beatles
    The Beatles, juga dikenal bahasa sehari-hari sebagai White Album, adalah album studio kesembilan dan satu-satunya album ganda oleh band rock Inggris The Beatles, dirilis pada tahun 1968.
    The Beatles menerima ulasan yang baik dari sebagian besar kritikus musik. Ini menduduki puncak tangga lagu rekor di Inggris dan Amerika Serikat. Album ini telah disertifikasi 24 kali platinum oleh RIAA.

    Penulis: Farida Nur Azizah