Langkah yang Dilakukan Sebagai Mahasiswa Baru

Mahasiswa baru adalah suatu impian dan kesenangan bagi setiap pelajar yang baru lulus dari dunia sekolah dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu di perguruan tinggi. Namun terkadang kita yang sebagai mahasiswa baru itu bingung apa yang harus kita kerjakan agar saat proses pembelajaran di kampus suda dimulai kita tidak bingun dengan apa yang akan nantinya bakal kita kerjakan.

Tidak heran jika banyak mahasiswa baru di awal perkuliahannya, mereka menjadi pribadi yang senang menyendiri daripada memilih untuk bergaul dengan teman teman lainnya. Padahal pada saat ospek yang diadakan oleh pihak universitas, kita dapat melakukan basa basi dengan sesama teman atau rekan lain supaya nantinya kita memiliki teman yang dapat mendukung proses belajar kita di kampus.

Sebagai maba, untuk mendapatkan hal tersebut berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan di kampus, diantaranya:

  1. Menjalin Relasi dengan Kakak Tingkat

Menjalin relasi dengan kakak tingkat di kampus merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh kita sebagai maba guna keperluan proses belajar yang nantinya akan kita rasakan di kampus. Salah satu cara menjalin relasi dengan kakak tingkat adalah dengan cara masuk di organisasi baik yang ada di fakultas maupun di kampus. Kenapa menjalin relasi dengan kakak tingkat itu perlu, karena jka kita bisa kenal akrab dengan kakak tingkat kita di kampus, maka kita akan mudah mendapatkan sharing ilmu dari mereka yang sudah mendapatkan beberapa mata kuliah yang sedang kita pelajari di semester awal.

Baca juga:

Kekurangan Jurusan Psikologi yang Perlu Kamu Ketahui

Langkah Menghilangkan Stress dalam Skripsi

  1. Aktif di Kelas

Aktif di kelas merupakan salah cara paling efektif untuk mahasiswa agar dirinya dapat dikenal oleh dosen pengampu mata pelajaran di kampus. Keuntungan yang dapat kita rasakan jika kita dikenal oleh dosen adalah kita dapat sering bertanya tentang mata pelajaran yang beliau ampu di kelas kita sehingga ilmu yang kita dapatkan akan semakin banyak.

  1. Aktif Megikuti Seminar yang Diadakan oleh Kampus

Dengan mengikuti seminar, kita juga mendapatkan ilmu baru dari apa yang telah kita pelajari di kelas, sehingga ilmu yang kita serap akan semakin matang.