Topik ‘Somasi’ Ramai, Sebenarnya Apa Artinya?

Perbincangan jagat maya memang tidak ada habisnya ya YOTers. Mulai dari drama kakak adik yang berantem di media sosial, artis yang selingkuh, sampai somasi salah satu kedai minuman terhadap pelanggannya. Pasalnya sang pelanggan memberikan komentar tajam terhadap minuman yang ia beli dan mengeluh soal rasanya yang terlalu manis di akun twitter pribadinya.

Komentar itu pun dikenakan pasal 28 ayat (2) UU ITE. Akhirnya pihak kedai minuman mengirimkan surat cinta padanya. Pasalnya, sang pelanggan telah menggunakan kata-kata kotor dan menyebutkan rasa yang bernilai subjektif. Netizen pun tidak hanya diam. Ada yang menyayangkan adapula yang memaklumi. Toh juga si pelanggan mengkritik dengan tidak baik.

Tapi nih YOTers, sebenarnya somasi itu apa, sih?

Somasi adalah peringatan yang diberikan terhadap pihak calon tergugat yang berada pada jalur atau proses hukum. Dalam yurisprudensi istilah somasi biasanya sering digunakan untuk menyebut suatu perintah atau teguran.

Bentuk: Somasi memiliki beberapa bentuk pernyataan lalai yang beragam, namun yang paling umum adalah :

  • Surat perintah, exploit adalah perintah lisan yang disampaikan kepada juru sita dan juga kepada debitur. Kesimpulanya, exploit adalah jenis salinan dari surat peringatan.
  • Akta sejenisnya, ialah akta otentik yang sejenis dengan exploit juru sita
  • Perikatan sendiri, perikatan biasanya terjadi apabila pihak-pihak menentukan terlebih dahulu saat adanya kelalaian dari debitur di dalam suatu perjanjian.

Dalam aturan hukum acara perdata, somasi dapat dilakukan oleh siapa saja, sepanjang sang penggugat mempunyai kecakapan dalam melakukan perbuatan hukum terhadap calon tergugat yang lalai dalam melaksanakan kewajibannya.

Poin Penting Dalam Penyampaian

Dalam pelaksanaanya, ada beberapa hal penting yang harus jelas di dalam sebuah pembuatan somasi agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan lebih maksimal, yaitu :

Menyatakan Teguran atau Perintah
Somasi juga harus menyatakan teguran dan perintah untuk melaksanakan perjanjian, meminta ganti rugi atau mengakhiri suatu perjanjian.

Permintaan Harus Jelas
Beberapa hal yang diminta dalam somasi seperti membayar suatu kerugian, menjalankan perjanjian dan atau mengakhiri perjanjian harus tertulis jelas agar tidak merugikan pihak manapun.

Membuka Ruang Negosiasi
Pada dasarnya somasi memang dibuat untuk mengingatkan pihak yang lalai menunaikan perjanjian dan melaksanakan kewajibanya.

Latar Belakang Permasalahan

Menentukan permasalahan dalam somasi yang harus sesuai berdasarkan fakta yang terjadi.

Baca artikel lainnya:

Tonton video inspiratif di sini:

Kamu ingin dapat motivasi dan inspirasi? Yuk tonton konten tentang self-development, tips karir, dan masih banyak lagi di YouTube Young On Top atau klik video di bawah ini!